Minggu, 05 Mei 2019

Belajar Menari: Jazz sebagai Tari

Sementara beberapa orang memahami asal-usul sejati Jazz sebagai bentuk musik, lebih sedikit orang masih memahami asal-usul jazz sebagai gaya tarian. Jazz adalah anak yatim. Namun, lebih dari itu, jazz sebagai musik dan tarian tampaknya memiliki banyak ibu meskipun kenyataannya mereka tidak memiliki ayah. Maksud saya, ada banyak pengaruh pada bentuk musik dan tarian yang penuh warna ini meskipun tidak ada pengaruh yang cukup menonjol dalam ciptaan baru untuk dianggap sebagai 'ayah' atau 'ibu' untuk masalah musik jazz.

Walaupun jazz memiliki banyak tempat kelahiran, ia hanya memiliki satu rumah sejati dan rumah itu adalah New Orleans. Sama seperti musik kota ini terkenal, New Orleans adalah kota tanpa ayah juga. New Orleans adalah melting pot dalam arti sebenarnya dari kata itu sebelum kita memiliki petunjuk nyata apa artinya menjadi pot melting. Dari pengaruh Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, dan tentu saja populasi mantan budak dan pria dan wanita kulit hitam yang bebas, New Orleans adalah tempat yang sempurna untuk gaya musik dan tarian yang dicampur dan bercampur ini untuk menelepon ke rumah.

Tidak heran tarian jazz muncul sebagai hasil dari musik jazz. Tidak ada langkah tarian yang memadai untuk musik menyenangkan yang telah kita ketahui selama bertahun-tahun sebagai jazz. Untuk alasan ini diperlukan sesuatu yang baru dan sedikit keluar dari jalur utama untuk menjaga waktu dan kecepatan dengan musik baru yang sedang muncul.

Sebagai gaya tarian, jazz jauh lebih 'kurang ajar' daripada tarian di masa lalu dan di beberapa kalangan dianggap tidak pantas secara tunggal. Masyarakat sopan tentu tidak tertarik pada bentuk tarian khusus ini. Kabar baik bagi mereka yang menikmati gaya tarian ini adalah bahwa ada banyak tempat di mana jazz, sebagai bentuk tarian dan musik, siap dipeluk. Anda harus sedikit keluar dari jalur untuk menemukannya, tetapi bagi banyak orang itu sepadan dengan usaha.

Musik dan tarian jazz cukup populer untuk waktu yang lama dan kemudian tampaknya bergerak di bawah tanah kecuali di kota-kota seperti Memphis, New Orleans, Kansas City, dan St. Louis di mana ia menjadi bagian yang mendarah daging dari sejarah dan budaya. Kami telah melihat kemunculan kembali gaya musik dan tarian yang populer ini dalam beberapa tahun terakhir, namun dengan beberapa musisi terkenal membawa kembali ayunan dan suara 'big band' yang berjalan seiring dengan jazz sebagai bentuk musik dan gaya tarian.

Namun Anda harus mengerti, bahwa dalam hal tarian jazz, seperti halnya musik, tidak ada aturan pasti yang harus Anda ikuti agar menjadi jazz. Tidak ada langkah-langkah tarian kaku yang harus dipatuhi untuk efek 'jazz'. Tarian jazz sering disalahartikan sebagai 'tarian tap' karena musik tap sering diatur ke musik jazz. Namun penting untuk menyadari bahwa jazz tidak terbatas pada tarian tap dan bahwa gaya tarian lainnya termasuk dalam payung 'tarian jazz' yang agak besar.

Beberapa tarian jazz yang lebih umum termasuk: Black Bottom, Boogie Woogie, Cakewalk, Charleston, Jitterbug, Lindy Hop, dan swing dance. Masing-masing gaya tarian ini tampaknya membuat popularitas yang agak luar biasa selama dua dekade terakhir dan sangat menarik untuk ditonton, serta di mana untuk berpartisipasi jika Anda pernah memiliki kesempatan.

Jika Anda telah mempertimbangkan pelajaran dansa jazz untuk Anda atau anak-anak Anda, saya harap Anda akan memutuskan untuk memanjakan diri. Tidak hanya musik untuk jenis tarian ini sangat bagus dan membangkitkan semangat, tetapi juga gaya tarian itu sendiri sangat menyenangkan dan menyenangkan. Ada sangat sedikit gaya tarian yang dapat bersaing ketika datang untuk memungkinkan lisensi artistik, mengikuti arus, dan hanya menari untuk kesenangan semata-mata menari. Sebagai bentuk seni dan sebagai bentuk hiburan, musik dan tarian jazz adalah yang teratas dalam buku saya.

0 komentar:

Posting Komentar